Wow Inilah 7 Manfaat Mandi Pagi Menggunakan Air Dingin

Bangun tidur ku terus mandi tidak lupa menggosok gigi, Habis mandi kutolong ibu membersihkan tempat tidurku. Itulah sepenggal lirik lagu anak-anak yang begitu kita kenang sampai saat ini. Dari lagu itu pun sudah jelas bahwa aktifitas pertama yang kita lakukan saat pagi adalah mandi. Namun yang jadi pertanyaan adalah kira-kira air apa yang paling sering kalian pakai, air dingin atau panas ?

Tentu jawaban setiap orang akan berbeda-beda tergantung situasi. Tidak sedikit yang lebih memilih menggunakan air hangat saat pagi karena seperti yang kita ketahui bahwa saat pagi suhu / cuaca sangat dingin. Namun tahukah kamu bahwa mandi pagi menggunakan air dingin sangat bermanfaat bagi tubuh lho!
Manfaat Mandi Pagi Menggunakan Air Dingin
Manfaat Mandi Pagi Dengan Air Dingin

Manfaat Mandi Pagi Menggunakan Air Dingin

Jika kalian pernah mencoba keduanya (air dingin / air hangat) saat pagi tentu kalian bisa membedakan khasiat keduanya. Berikut 7 manfaat mandi pagi menggunakan air dingin salah satunya bisa kalian rasakan secara langsung :

1. Kewaspadaan Terjaga

Menyiramkan air dingin ke badan saat pagi bisa dibilang seperti sedikit memberikan "shock terapi". Respon menggigil atau kaget menstimulasi tubuh untuk menarik nafas panjang sehingga asupan oksigen memenuhi paru. Selain itu jantung juga akan berdenyut kencang dan memompa darah ke seluruh tubuh lebih cepat.

Dari mekanisme diatas akan membantu tubuh kita mendapatkan energi lebih lho. Otak juga akan memproduksi hormon norepinefin yang berfungsi untuk meningkatkan kewaspadaan lebih.

2. Menurunkan Berat Badan Secara Tak Terduga

Kabar baik bagi kamu yang sedang melakukan program diet. Meskipun terdengar tidak masuk akal tapi ternyata mandi menggunakan air dingin bisa menurunkan berat badan lho. Pada dasarnya tubuh manusia terdiri dari 2 jenis jaringan lemak yaitu lemak putih dan lemak coklat.

Lemak putih / jahat akan semakin menumpuk saat kalori yang kita konsumsi lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Ia biasa menumpuk di area pinggang, punggung bawah, leher, dan paha. Sedangkan lemak coklat / baik akan meningkat aktifitasnya saat terkena paparan suhu dingin.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2009 menunjukkan bahwa mandi menggunakan air dingin secara rutin dapat membakar lemak sampai 4 Kg dalam setahun.

3. Mempercepat Pemulihan Otot Dan Tubuh

Siapa yang tidak mengenal Cristiano Ronaldo, ia adalah salah satu atlet sepakbola terbaik saat ini. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa Ronaldo selalu berendam di dalam air dingin segera setelah latihan maupun pertandingan.

Tentu itu semua ada maksudnya, karena ternyata berendam dalam air dingin minimal 24 menit setelah olahraga dapat menghilangkan nyeri otot dan juga meningkatkan ketahanan tubuh lebih baik.

4. Meningkatkan Sistem Imun Dan Jantung

Dr Joseph Mercola, ahli kesehatan alami yang dilansir dari medicaldaily mengungkapkan bahwa menggunakan air dengan suhu yang dingin dapat membantu sirkulasi darah ke seluruh organ tubuh sehingga dapat mengatasi masalah pada jantung dan kulit.

Sirkulasi darah yang lancar menstimulasi arteri lebih baik dalam memompa darah dan secara keseluruhan jantung menjadi lebih sehat, tekanan darah menurun dan sistem imun / kekebalan tubuh meningkat.

5. Kulit Khususnya Area Wajah Jadi lebih Sehat

Setiap orang pasti sangat mendambakan kulit wajah yang sehat, artinya bebas dari berbagai jenis jerawat, halus dan mempesona.  Salah satu cara mudahnya yaitu rutin menggunakan air dingin saat mandi maupun mencuci muka. Kenapa ? Karena air dingin dapat melembabkan permukaan kulit lebih lama dan membersihkan kotoran yang menempel lebih baik.

Kedua manfaat diatas secara tidak langsung dapat memberikan manfaat turunan seperti kulit lebih halus, bebas dari jerawat dan putih bersih tentunya.

6. Rambut Semakin Kuat  Dan Berkilau

Menurut Jessica Krant, Seorang ahli dermatologi tersertifikasi mengungkapkan kepada Huffington Post bahwa air dingin dapat menstimulasi folikel rambut secara merata sehingga rambut dapat tumbuh lebih sehat dan kuat. Selain itu kulit kepala menjadi bebas dari yang namanya debu-debu / kotoran.

7. Menjaga "Kesuburan" Dan Produksi Testosteron 

Tubuh yang terpapar air maupun suhu dingin secara langsung cenderung mempunyai kadar hormon testosteron lebih tinggi dari biasanya. Selain itu bagi pria dipercaya dapat memperbanyak produksi sel sperma dibandingkan dengan penggunaan air panas yang akan berdampak sebaliknya. (Sumber : Medicaldaily)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel