6 Bahaya Tersembunyi Terlalu Sering Minum Air Es Atau Es Batu

Saat cuaca sedang terik dan panas minuman segar tentu menjadi pilihan yang sangat tepat untuk membasahi tenggorokan yang sedang kering. Berbicara minuman segar tentu tidak bisa dilepaskan dari yang namanya Es. Ia adalah elemen penting yang tak pernah ditinggalkan penggemarnya saat sedang mengonsumsi kelapa muda / es kelapa, olahan es buah dan aneka jenis minuman segar lainnya.

Berkat keberadaan Es, tubuh kita khususnya tenggorokan yang awalnya terasa kering dan panas menjadi lebih segar dan karena alasan itulah tidak sedikit orang lebih memilih minuman Es meskipun cuaca sedang tidak panas.
Bahaya Tersembunyi Terlalu Sering Minum Air Es Atau Es Batu
Bikin Segar Tapi..??

Bahaya Sering Minum Air Es 

Namun tahukah kamu bahwa terlalu sering mengonsumsi Air es / Es batu juga tidak baik untuk tubuh maupun organ vital seperti jantung. Dilansir dari littlethings, berikut 6 bahaya terlalu sering mengonsumsi minuman dengan campuran Es batu :

1. Memperlambat Kinerja / Detak Jantung

Ketika kita memasukkan air dingin ke dalam tubuh melalui tenggorokan maka ia akan melewati sumsum tulang belakang lalu masuk ke rongga-rongga tubuh. Akibatnya suhu tubuh akan turun / dingin secara tiba-tiba dan mempengaruhi beberapa sistem disekitarnya seperti saraf vagus.

Saraf vagus adalah saraf yang bertugas mengendalikan denyut jantung dan memperlambat kinerjanya akibat respon dari suhu tubuh yang turun / dingin secara tiba-tiba.

2. Menjadi Salah Satu Penyebab Sakit Kepala

Pernahkah kamu mengalami yang namanya "menggigil" atau saat pertama kali es masuk ke dalam tubuh, kepala seperti berdenyut. Itu adalah respon dari saraf tulang belakang yang dilewati oleh air dingin. Ia akan mengirimkan sinyal lurus ke atas yang akan menyebabkan kepala sedikit berdenyut / sakit kapala.

3. Mudah Lelah Bahkan Pingsan 

Banyak orang yang beranggapan bahwa air dingin berkhasiat untuk membuat tubuh menjadi segar kembali. Fakta membuktikan sebaliknya, rasa segar dan bersemangat hanyalah sementara karena setelah itu kamu akan mudah lelah. 

Itu karena energi tubuh terfokuskan untuk menghangatkan kembali suhu tubuh menjadi normal dan itu sangat menguras energimu.

4. Sakit Tenggorokan

Saat musim dingin tubuh secara alami akan memproduksi banyak lendir yang fungsinya untuk menghangatkan dan melembabkan udara yang masuk melalui hidung sebelum akhirnya sampai ke paru-paru. 

Dan hal ini pun berlaku saat kamu memasukan benda dingin masuk ke dalam tubuh. Tenggorokan akan dipenuhi lendir yang akan mengakibatkan iritasi.

5. Sakit Perut

Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh pasti akan melewati yang namanya sistem pencernaan. Efek dari air dingin sendiri dapat mengganggu pencernaan karena usus seperti berkontraksi atau mengencang dan itu membuat makanan tidak bisa dicerna secara maksimal.

6. Tubuh Menjadi Lebih Gemuk Dari Biasanya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa terlalu banyak / sering minum air es dapat mengakibatkan kegemukan. Namun pernahkan kamu bertanya bagaimana itu bisa terjadi atau bagaimana korelasinya ? 

Ternyata suhu dingin pada es dapat membekukan lemak yang mengakibatkan tubuh hanya bisa melakukan "pembakaran" senyawa yang lebih mudah dan membiarkan lemak-lemak yang sudah membeku.