7 Makanan Ini Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut data WHO (Badan Kesehatan Dunia) pada tahun 2008, lebih dari 17 juta orang meninggal dunia akibat penyakit kardiovaskuler. Kardiovaskuler sendiri adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Beberapa penyakit kardiovaskuler umum diantaranya jantung iskemik, jantung rematik, stroke, pembesaran aorta, jantung akibat tekanan darah tinggi, jantung bawaan, kardiomiopati, endokarditis, atrial fibrilasi dan arteri prifer.

Gejala-gejala kardiovaskular dimulai dari rasa nyeri pada bagian bawah tulang dada kemudian melebar ke dagu, leher, pundak, lengan hingga uluh hati. Sensasi nyeri tidak seperti pada umumnya dimana dada terasa berat dan ditekan sangat kuat.

Berbicara masalah penyakit jantung tentu tidak lepas dari yang namanya riwayat keluarga. Jika pada silsilah keluarga mempunyai riwayat penyakit yang sama tentu peluangnya sangat mungkin terlepas dari berbagai faktor lain seperti gaya hidup, makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.
Menjaga kesehatan jantung
Jantung Sehat


Langkah-Langkah Pencegahan Penyakit Kardiovaskular Khususnya Jantung

Seperti yang sudah disebutkan diatas, penyakit jantung bisa menyerang siapa saja baik laki-laki maupun perempuan bahkan bagi mereka yang tidak punya sejarah sekalipun. Dan langkah pencegahan terbaik dimulai dari bagaimana menerapkan pola hidup sehat. Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan.
  1. Menghentikan aktifitas merokok lebih dini atau buat kamu yang belum pernah maka jangan coba-coba. Perokok pasif juga berpotensi 30% lebih besar terkena penyakit jantung dan paru-paru
  2. Rutin berolahraga minimal seminggu sekali dengan durasi minimal 15 menit. Kamu bisa mulai dari jalan cepat, jogging, senam atau aktifitas fisik lain. Intensitas dan durasi bisa kamu atur sesuai kemampuan fisik, jangan memaksakan.
  3. Menjaga berat badan, kolesterol dan kadar gula darah dalam batas normal. Kamu bisa runtin melakukan check up sebulan sekali atau lebih.
  4. Lakukan manajemen stress karena stress yang berkepanjangan menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah yang bisa merusak dinding arteri
  5. Atur pola makan dengan memilih makanan yang rendah lemak, sayuran, buah dan kacang.
Berbicara soal makanan tentu akan lebih baik jika kamu mengetahui makanan apa saja yang baik untuk kesehatan jantung. Berikut 7 makanan yang semuanya sangat mudah kita dapatkan.

1. Semangka

"Semangka adalah sumber lycopene luar biasa yang dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan kanker" ungkap Dr. Sarah Samaan, ahli jantung dengan Legacy Heart Center di Dallas-Fort Worth Metroplex.


2. Tomat

Sama halnya dengan semangka, tomat juga merupakan sumber lycopene yang kaya. Selain itu ia juga mangandung vitamin C yang berkerja sebagai antioksidan untuk menjaga dan melindungi sel dari kerusakan.

3. Apokat

Apokat kaya akan lemak tak jenuh dan juga sumber potassium, mineral yang dikenal mampu mengendalikan tekanan darah. "Mereka juga sumber vitamin C, serat dan juga karotenoid. Karotenoid telah dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular" ungkap Swinny, seorang ahli diet yang terdaftar di texas. 

4. Kacang Polong

Menurut ahli gizi yang berbasis di Georgia, Dr Keith Kantor. Kacang polong mengandung asam folat, magnesium, kalsium, asam lemak omega-3 dan vitamin B kompleks yang semuanya penting untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Blewah

Buah ini juga mengandung vitamin C yang banyak dimana seperti yang sudah diungkapkan diatas bahwa vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan kerusakan sel dari radikal bebas. Blewah juga kaya vitamin A, B, K, kalium, folat, magnesium dan serat.

6. Berry / buah buni

Buah mungil ini kaya akan antioksidan lho , sangat pas buat dijadikan cemilan karena merawat jantungmu. Ia juga dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Yogurt

Secangkir yogurt yang manis dan gurih tidak hanya akan menjaga jantungmu tetap dalam keadaan baik tetapi juga menjaga kesehatan pencernaan dan kesehatan secara menyeluruh. Susu fermentasi ini kaya akan vitamin, probiotik dan rendah lemak tentunya.

Itulah 7 sumber makanan dimana semuanya sangat mudah kita temui karena beberapa diantaranya juga dijual di pasar maupun minimarket. Kira-kira yang mana makanan favoritmu guys ? (Sumber : Livestrong )