7 Makanan Dan Minuman Yang Dapat Merusak Enamel Gigi

Gigi adalah salah satu komponen organ pencernaan tambahan pada mulut yang berfungsi sebagai pemotong, pengunyah dan perobek makanan sebelum akhirnya masuk ke dalam saluran pencernaan. Lalu sepenting apakah peran gigi terhadap sistem pencernaan manusia ?

Tentu jawabannya sangat penting. Jika bisa diibaratkan gigi itu layaknya penjaga keamanan yang menjamin setiap benda asing yang masuk dapat diterima dengan mudah oleh organ pencernaan utama.

Jika seperti itu bagaimana seandainya gigi kita rusak ? Bagi anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan, rusaknya gigi susu adalah hal yang wajar karena akan digantikan dengan gigi tetap. Namun lain ceritanya jika gigi tetap yang rusak tentu kita patut cemas karena memang itulah kali terakhir gigi mengalami pembaruan.

Semakin bertambahnya umur volume dan kepadatan tulang rahang mulai berkurang. Selain itu faktor lansia juga berpengaruh terhadapat gigi yang mudah berlubang.
Penyebab gigi berlubang
Photo by hillsdentist.com.au
Rusaknya struktur gigi bukan hanya dipengaruhi oleh faktor diatas tetapi juga dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Beberapa makanan dan minuman memang mempunyai senyawa yang dapat merusak kepadatan dan enamel gigi lebih dini.

Jadi kita patut waspada minimal mengurangi intensitas mengonsumsinya. Berikut 7 makanan dan minuman yang dapat merusak gigi lebih dini :

1. Minuman Dengan Kadar Asam Dan Gula Tinggi

Beberapa minuman kemasan instan memang mengandung kadar asam dan gula tinggi yang dapat merusak enamel atau lapisan gigi luar. Tentu kamu perlu berpikir berkali-kali untuk minum sesering mungkin.

Kamu bisa mulai melakukan langkah pencegahan seperti membersihkan gigi sesegera mungkin jika masih sulit untuk tidak meminumnya.

2. Keripik

Alasan kenapa keripik menjadi salah satu dari makanan yang dapat merusak gigi karena kandungan karbohidratnya yang cepat berubah menjadi glukosa akibat pengaruh air liur. Glukosa inilah yang sering meninggalkan plak di gigi yang akan sangat merugikan jika sampai diurai oleh bakteri.

3. Perman Karet

Saat kita sedang mengunyah permen karet, produksi air liur akan meningkat secara signifikan yang menyebabkan produksi zat alkali menjadi berlebih. Alkali dalam batas yang tidak wajar dapat merusak enamel gigi karena nilai PH-nya yang tinggi.

4. Es

Meminum atau mengunyah sesuatu yang dingin dan keras dapat meretakkan enamel gigi sehingga membuatnya mudah terpapar secara langsung. Jadi kurangi minuman dingin dan juga meminimalisir kontak gigi dengan benda padat seperti membuka tutup botol dengan gigi.

5. Popcorn

Sama seperti keripik, popcorn juga mengandung karbohidrat yang mudah berubah menjadi glukosa. Meskipun ia bisa menjadi teman saat menonton di bioskop tapi ingat bahwa ia juga bisa menjadi musuh terbesar untuk keberlangsungan kesehatan gigimu.

6. Teh

Meskipun kandungan fluorin pada teh tidak sebanyak kafein namun jika terjadi kontak yang terlalu sering juga dapat mempengaruhi kesehatan gigi. Jadi batasi meminum teh terlalu sering ya guys.

7. Kacang-kacangan

Tentu kamu sudah tahu kenapa kacang juga bisa merusak gigi. Itu karena strukturnya yang keras dan beberapa jenis kacang juga lumayan besar.

Sebenarnya kunci dari gigi yang sehat dan kuat adalah tergantung bagaimana kita menjaganya. Rutin menggosok gigi minimal 2 kali sehari bisa kamu terapkan plus berkumur dengan produk antiseptik mulut untuk menjaga ronggo mulut dari bakteri dan plak.
Selain diatas sebenarnya masih banyak lagi makanan dan minuman yang mempunyai peran sama. Intinya adalah meminimalisir segala unsur asam, manis, glukosa dan padat / keras.