Perlukah Menggunakan Krim Malam Di Malam Hari, Simak Jawabannya!

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit wajah khususnya di malam hari, salah satunya adalah menggunakan krim malam. Mungkin ini terdengar seperti hal yang sepele namun nyatanya menggunakan krim malam dapat mendatangkan berbagai manfaat khususnya kesehatan kulit wajah.

Menurut penelitian, kulit akan lebih mudah menyerap nutrisi efektif di malam hari dibandingkan saat siang. Terlebih lagi ketika kita tidur kemampuan regenerasi kulit meningkat secara signifikan. Oleh sebab itu penggunaan krim malam sangat dianjurkan karena dapat mempercepat proses regenerasi sel kulit mati.

Perlu diketahui bahwa penggunaan krim malam tidaklah khusus buat kamu yang mempunyai masalah kulit saja tetapi juga buat kamu yang ingin tetap menjaga struktur dan elastisitas kulit. 
Image via pexels.com


Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan krim di malam hari.

  1. Meningkatkan produksi kolagen pada pada kulit.
  2. Meningkatkan sirkulasi darah pada kulit wajah.
  3. Memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih lembut dan kencang.
  4. Memberikan cukup nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk meregenerasi sel kulit mati.
  5. Melembabkan kulit yang kering karena kandungan air pada kulit menurun di malam hari
  6. Mengatasi iritasi pada kulit.
  7. Anti aging, sehingga membuat kulit wajah terlihat awet muda.
  8. Menyamarkan noda, garis keriput pada wajah.
  9. Mencerahkan kulit lebih dari biasanya.
  10. Menyerap minyak wajah yang berlebihan.

Bagaimana memilih krim malam yang tepat

  • Pilihlah krim malam sesuai dengan tingkatan usia. Bagi kamu yang sekarang berusia 20-an gunakan krim malam yang mengandung bahan alami seperti madu, lidah buaya serta minyak esensial. Di usia 30-an gunakan krim malam yang mengandung banyak antioksidan. Di usia 40-an prioritaskan krim yang mengandung banyak vitamin dan di usia 50-an carilah krim yang sesuai dengan kulit orang tua karena pada usia ini kebutuhan kulit berbeda. Kamu bisa konsultasi ke dokter.
  • Jangan memilih krim yang mempunyai aroma menyengat karena kemungkinan mempunyai kandungan zat kimia berbahaya.
  • Jangan mudah tergoda dengan iming-iming dapat memutihkan, menghaluskan dan mengencangkan kulit secara cepat.
  • Pastikan merek krim yang dibeli sudah terpercaya dan terdaftar di BPOM. Kamu juga bisa mempertimbangkan testimoni dari orang terdekat yang pernah menggunakan krim yang dimaksud.
  • Lihatlah masa berlaku atau tanggal expired lebih detail. 
  • Pilihlah krim yang sesuai dengan masalahmu sehingga tidak menimbulkam masalah yang lain. Contoh jika kulitmu kering maka krim pelembab adalah pilihan yang tepat. 
Intinya lebih bijak dan hati-hati dalam menentukan pilihan. Jangan mudah terpengaruh karena iming-iming bisa mengatasi lebih cepat. Karena tentunya tidak ada sesuatu yang instan semua membutuhkan proses. Atau jika kamu masih ragu-ragu jangan sungkan untuk konsultasi langsung dengan ahlinya.

Tips Menggunakan Krim Malam Untuk Hasil Yang Maksimal

Sebelum mengoleskan krim, terlebih dahulu gunakan permbersih wajah. Fungsinya untuk mengangkat kotoran-kotaran seperti debu dan asap saat aktifitas siang. Setelah itu oleskan krim menggunakan jari-jari dengan lembut memutar searah jarum jam.

Prioritaskan pada bagian-bagian yang muncul noda, garis kerut dan masalah yang lain. Untuk waktu penggunaan krim lebih baik 30 menit sebelum tidur.

Saya Seorang Pria, Apakah Saya Juga Boleh Menggunakan Krim Malam Wanita ?

Ini mungkin pertanyaan yang sering ditanyakan khususnya para pria. Karakteristik kulit pria itu lebih gelap, tebal dan kasar daripada kulit wanita pada umumnya. Jadi menggunakan krim wanita tentu tidak akan memberikan hasil yang diharapkan.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak merk kosmetik yang dikhususkan untuk para pria. Tentu ini kabar baik karena untuk tampil maksimal kini tidak dibatasi oleh jenis kelamin. 

Somoga artikel kali ini dapat memberikan penjelasan yang kamu butuhkan tentang perlu tidaknya menggunakan krim malam. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.